Rabu, 10 Februari 2010

Welcome to My ISOA Task
SMK Tunas Harapan Pati


Jendela utama
Tabel yang berisi daftar data konfigurasi (latar belakang putih) terdiri dari tiga kolom. Pada changed (di sebelah kiri), terdapat lambang untuk menandai opsi-opsi yang telah diubah terdaftar pada kolom tengah. Untuk menambahkan suatu opsi, klik add. Untuk mengubah nilai dari suatu opsi yang ada, pilih dengan klik mouse dan klik edit. Jika Anda tidak ingin menggunakan opsi-opsi yang ada sama sekali, pilih dengan klik delete.
Kotak combo reset di sebelah kanan pada jendela konfigurasi menyediakan opsi-opsi sebagai berikut:
 Propose New Configuration. Menghasilkan suatu susulan konfigurasi baru. Linux versi yang lebih tua atau sistem operasi lain yang ditemukan pada partisi-partisi yang lain akan tercakup pada menu boot, memungkinkan Anda melakukan boot Linux atau boot loader yang lama. Yang terakhir akan membawa Anda ke menu boot yang kedua.
 Start from Scratch. Memungkinkan Anda untuk melakukan keseluruhan konfigurasi dari awal. Tidak ada usulan yang akan dihasilkan.
 Reread Configuration from Disk. Jika Anda telah melakukan beberapa perubahan dan tidak puas dengan hasilnya. Anda dapat memuat lagi konfigurasi Anda yang telah ada dengan pilihan ini.
 Propose and Merge with Existing GRUB Menus. Bila sistem operasi lain dan versi Linux yang lebih tua terinstalasi pada partisi yang lain, menu akan terdiri dari entry untuk SuSE Linux yang baru, entry untuk sistem lain dan semua entry dari menu boot loader yang lama. Prosedur ini mungkin memerlukan banyak waktu. Ini tidak dimungkinkan jika LILO digunakan.
 Restore MBR from Harddisk. MBR yang disimpan pada hard disk akan ditulis ulang.
Tombol Edit Configuration Files pada kotak combo ini memungkinkan Anda mengedit file-file konfigurasi yang relevan dengan suatu editor. Untuk mengedit suatu file, muat file melalui bidang pemilihan. Klik OK untuk menyimpan perubahan Anda. Untuk keluar dari konfigurasi boot loader, klik cancel. Klik Back untuk kembali ke jendela utama.

Opsi-opsi konfigurasi Boot Loader
Untuk para pemakai yang kurang pengalaman melakukan konfigurasi dengan YaST adalah lebih mudah daripada mengedit filenya secara langsung. Pilih suatu opsi dengan klik Edit untuk membuka suatu dialog dimana Anda dapat mengubah setting-nya menurut kebutuhan Anda. Klik OK untuk mengonfirmasikan perubahannya dan kembali ke menu utama, dimana Anda bisa mengedit opsi-opsi lainnya. Opsi-opsi yang tersedia tergantung pada boot loader yang digunakan. Daftar berikut memperlihatkan beberapa opsi boot loader GRUB:
 Boot Loader Type. Gunakan opsi ini untuk berpindah antara GRUb dan LILo. Anda akan dibawa ke dialog yang lain dimana Anda dapat menetapkan cara bagaimana perubahan tersebut harus dilakukan. Sebagai contoh Anda mengkonversi GRUb yang ada ke konfigurasi LILo yang sama. Tapi, beberapa setting mungkin hilang jika padanan opsinya tidak tersedia. Anda juga dapat membuat suatu konfigurasi baru dari awal atau menghasilkan dan mengedit konfigurasi usulan. Jika Anda memulai konfigurasi boot loader pada sistem yang berjalan. Anda dapat memuat konfigurasinya dari harddisk. Jika Anda memutuskan untuk kembali ke boot loader yang asli. Anda dapat memuat konfigurasinya melalui opsi yang terakhir. Tapi, kemungkinan ini hanya ada sepanjang Anda tidak menutup modul boot loader.
 Boot Loader Location. Gunakan dialog ini untuk mendefinisikan dimana akan menginstalasikan boot loader di master boot record (MBR), di boot sector partisi boot (jika ada), di boot sector partisi root, atau di disket. Gunakan other untuk menentukan penempatan yang berbeda.
 Disk order. Jika computer Anda mempunyai lebih dari satu hard disk, tetapkan urutan disk boot-nya sebagaimana didefinisikan pada susunan BIOS computer tersebut.
 Default selection. Pilihan ini memungkinkan Anda menetapkan kerenel atau sistem operasi mana yang secara default akan melakukan boot, jika tidak ada entry lain yang terpilih pada menu boot. Sistem default akan melakukan boot setelah waktu tunggu habis. Klik opsi ini dan edit untuk melihat daftar semua entry menu boot. Kemudian pilih satu entry dari daftar dan klik set as default. Klik edit untuk memodifikasi suatu entry. Dialog ini sama seperti dialog berikutnya. Dialog ini mengijinkan perubahan susunan entry-entry pada menu boot, menambah, memodifikasi, dan menghapus entry, serta menetapkan default entry
 Available Sections. Entry- entry yang ada pada menu boot didaftar dalam opsi ini pada jendela utama. JikaAnda memilih opsi ini kemudian klik edit, suatu dialog terbuka yang serupa dialog default entry.
 Make boot loader partition active. gunakan opsi ini untuk mengaktifkan partisi dimana boot sector menyimpan boot loader yang dengan bebas dari partisi dimana direktori dengan file- filepembantu boot loader disimpan (/boot atau direktori root/).
 Replace code in MBR. Backup area hard disk yang telah diubah.
 Add saved MBR to boot loader Menu. Tambahkan MBR yang telah disimpan ke menu boot loader.
Dengan menggunkan opsi Timeout di bagian bawah. Anda bias menentukan beberapa boot loader yang akan menantikan entry sebelum sistem default di-boot. Sejumlah opsi lain dapat ditetapkan melalui tombol add. Tapi, penggunaan opsi ini memerlukan pemahaman yang lebih dalam dan tidak dibahas di sini.



LVM
Logical volume manager (LVM) adalah tool untuk melakukan partisi hard disk secara tersendiri melalui drive-drive logis. Karena merupakan tool expert maka tidak dibahas disini.
Melakukan partisi
Walaupun Anda dimungkinkan untuk memodifikasi partisi pada sistem yang diinstalasikan dengan tool partitioner, hal ini harus ditangani oleh seorang ahli yang tahu persis apa yang sedang dia lakukan. Karena jika tidak resiko kehilangan data sangat tinggi.
Profile Manager
Modul profile manager/SCPM (Sistem Configuration Profile Management) menyediakan kemungkinan untuk membuat, mengatur, dan berpindsah diantara seluruh Konfigurasi-konfigurasi sistem individu. Hal ini bermanfaat terutama untuk komputer-komputer mobile yang digunakan pada lokasi yang berbeda (pada jaringan yang berbeda) dan oleh pemakai yang berbeda. Meskipun demikian, fitur ini bermanfaat bahkan untuk komputer-komputer stationary, karena memungkinkan penggunaan berbagai komponen hardware atau Konfigurasi-Konfigurasi test. Walaupun modul dengan disertai bantuan mudah digunakan. Konfigurasi profil adalah tugas yang harus dilakukan oleh tenaga ahli atau administrator sistem.

Setting RunLevel
Sebagaimana distribusi Linux yang lain, yang bisa bekerja pada run level tertentu. SuSE Linux juga bisa malakukan hal tersebut. Caranya adalah sebagai berikut:
RunLevel pada SuSE Linux
SuSE Linux dapat dioperasikan pada beberapa runlevel. Secara default, sistem melakukan boot ke run level 5, yang menyediakan mode multiuser, akses jaringan, dan GUI (X Window Sistem). RunLevel lain menyediakan mode mutiuser dengan jaringan tapi tanpa X (RunLevel 3), mode multiuser tanpa jaringan (RunLevel 2), mode single-user (RunLevel 1 dan S), menghentikan sistem (RunLevel 0), dan reboot sistem (RunLevel 6).
Berbagai RunLevel bermanfaat jika permasalahan ditemui yang berhubungan dengan layanan tertentu (X atau Jaringan) pada RunLevel yang lebih tinggi. Dalam hal ini, sistem dapat boot ke RunLevel yang lebih rendah untuk memperbaiki layanan tersebut. Banyak server beroperasi tanpa GUI dan harus di-boot pada RunLevel tanpa X, seperti RunLevel 3.
Pada umumnya para pemakai rumahan hanya memerlukan RunLevel standar (5). Tapi, jika GUI macet pada suatu waktu, Anda dapat memulai kembali sistem X Window dengan berpindah ke konsole teks dengan strg+Alt+F1. melakukan login sebagai root dan mengubah ke RunLevel 3 dengan dengan perintah init 3. ini akan menutup sistem X Window Anda. Untuk memulai kembali sistem grafis, masukkan init 5.
Setting RunLevel pada YaST
Jalankan modul RunLevels Editor. Pada instalasi default, run;evel 5 terpilih. Untuk memulai runlevel yang berbeda ketika sistem di-boot, ubah default runlevel-nya disini. Dengan runlevel properties, tentukan layanan mana akan dimulai pada runlevel mana. Pengaturan yang salah untuk layanan sistem dan runlevel mengakibatkan sistem Anda tidak berguna. Untuk mempertahankan operabilitas sistem Anda. Pertimbangkan konsekwensi yang mungkin terjadi sebelum memodifikasi apapun pada setting tersebut.

Mengedit sysconfig
Jangan gunakan modul editor for /etc/sysconfig files pada kelompok sistem yang digunakan untuk mengedit file-file didalam etc/sysconfig jika Anda tidak tahu persis apa yang sedang Anda lakukan, karena hal ini bias menghalangi operabilitas sistem Anda secara serius.
Pemilihan zona waktu
Zona waktu (time zone) telah di-set selama proses instalasi, tetapi Anda dapat membuat perubahan melalui modul select time zone pada kelompOK sistem. Klik Negara ataau daerah Anda pada daftar dan pilih local time atau GMT (Greenwich Mean Time). GMT sering digunakan pada sistem-sistem Linux. Computer-komputer dengan sistem operasi lain, seperti Microsoft Windows, kebanyakan menggunakan waktu local.

Pemilihan bahasa
Pada modul choose Language kelompok sistem, pilih bahasa untuk sistem linux Anda. Bahasa dapat diubah pada setiap waktu. Bahasa terpilih pada YaST berlaku untuk keseluruhan sistem mencakup YaST dan lingkungan desktop KDE.
Pemilihan layout keyboard
Gunakan modul YaST select keyboard layout hanya jika Anda jika Anda bekerja pada sistem tanpa X Window Sistem dan GUI. Jika Anda menggunakan sistem sistem grafis (seperti KDE), atur keyboard dengan modul display and input devices.
Layout keyboard yang diinginkan biasanya disesuaikan dengan bahasa yang dipilih. Gunakan bidang test untuk melihat apakah karakter-karakter khusus, seperti lambang pipa , ditampilkan dengan benar.

PENGATURAN LAINNYA
Selain pengaturan-pengaturan yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya. Masih ada beberapa pengaturan lain yang masih bisa dilakukan terhadap SuSE Linux seperti:
Mengirim support Query
Dengan membayar SuSE Linux, Anda berhak atas dukungan (support) instalasi gratis. Untuk informasi tentang lingkup dukungan, alamat, dan nomor telepon, kunjungi web SuSE di www.SuSE.de/en/.
YaST menyediakan kemungkinan untuk mengirim permintaan dukungan melalui e-mail ke tim SuSE secara langsung melalui modul Post a Support Query pada kelompOK Misc. diperlukan registrasi terlebih dahulu. Mulai dengan memasukkan data yang bersangkutan – kode registrasi Anda yang terletak di belakang cover CD. Mengenal permintaan Anda, pilih kategori masalahnya pada jendela berikutnmya dan masukkan uraian masalahnya juga teks bantuan YaST, yuang menjelaskan cara terbaik menguraikan masalah tersebut sehingga tim pendukung dapat membantu Anda.
Melihat Start-Up log
Modul view start-up log pada kelompOK misc berisi pesan-pesan layer yang ditampilkan ketika computer dimulai. Pesan-pesan tersebut direkam pada file /var/log/boot.msg. gunakan modul YaST ini untuk melihat log tersebut, sebagai contoh, untuk memeriksa apakah semua layanan dan fungsi telah dimulai seperti yang diharapkan.
Melihat Sistem Log
Modul sistem log pada kelompOK misc membukukan operasi computer Anda di var/log/messages. Pesan kernel direkam di sini, disortir menurut tanggal dan waktunya.
Memuat CD Driver Vendor
Dengan modul load a vendor drive CD pada kelompOK misc, secara otomatis menginstalasikan driver- driver Linux yang berisi driver- driver untuk SuSE Linux.
Saat menginstalasi SuSE Linux dari awal, gunakan modul YaST ini untuk memuat driver- driver yang diperlukan dari CD vendor setelah installasi.

MENGENAL KDE CONTROL CENTER

Untuk melakukan pengatuiran sistem pada dektop KDE Anda bisa menggunakan KDE Control Center, KDE Control Center (Kcontrol) adalah tempat yang memungkinkan Anda melakukan konfigurasi seluruh setting KDE Anda. Control Center terdiri dari berbagai modul. Tiap modul merupakan aplikasi terpisah, dan Control Center mengatur seluruh aplikasi tersebut dalam satu lokasi yang sesuai.
Control Center dapat dimulai dengan 3 cara:
• Dengan memilih tombol K pada panel KDE kemudian klik Control Center
• Dengan menekan tombol Alt+F2 yang akan menampilkan kotak dialog. Ketik kcontrol , dan klik run.
• Anda bisa mengetikkan kcontrol & pada command prompt (pada console)
Ketiga mode tersebut menampilkan hasil yang sama.
Ketika Anda memulai Control Center, Anda akan mendapatkan jendela yang dapat dibagi 3 bagian fungsi.
• Yang terdapat diatas adalah menu bar menyediakan akses cepat ke seluruh fitur Control Center.
• Di sebelah kiri adalah kolom tempat Anda memilih modul mana yang akan dikonfigurasi.
• Panel utama di sebelah kanan memperlihatkan pada Anda beberapa informasi sistem.
Agar mudah digunakan, Control Center mengorganisasikan opsi- opsi sejenis dalam kelompok-kelompok yang sesuai. Tipa kelompok disebut modul. Saat Anda klik pada nama modul di jendela kiri akan diperlihatkan opsi-opsi modul di sebelah kanan. Tiap modul akan mempunyai beberapa atau seluruh tombol berikut:
• Help. Tombol ini akan memberi Anda bantuan yang berhubungan dengan modul yang ada. Tombol tersebut akan memperlihatkan halaman bantuan singkat di sebelah kiri jendela. Di bagian bawah jendela Anda bisa klik pada link untuk mendapat informasi lebih lanjut.
• Use default. Tombol ini akan mengembalikan modul tersebut pada setting default. Klik OK untuk menyimpan opsi- opsinya.
• Apply. Klik pada tombol ini akan menyimpan seluruh perubahan pada KDE. Jika Anda telah merubah sesuatu. Klik apply aakan menyebabkan perubahan dijalankan.
• Reset. Tombol ini akan melakukan reset modul. Efek yang ditimbulkan tergantung pada modulnya.
Anda harus menyimpan opsi- opsidari suatu modul menggunakan apply sebelum Anda berpindah ke modul yang berbeda. Jika Anda mencoba merubah tanpa melakukan penyimpanan, akan ada dialog konfirmasi yang menanyakan apakah Anda ingin menyimpan perubahan atau membatalkannya.


Melakukan Pengaturan Tampilan dan Tema
Untuk melakukan pengaturan tampilan dan tema desktop Anda bisa menggunakan modul appearance&Themes.



Mengatur Tampilan Background
Untuk mengatur tampilan background desktop Anda gunakan background pada modul Appearance&Themes. Background memungkinkan Anda mengkonfigurasi warna atau gambar untuk background desktop Anda.
Pilih desktop yang ingin Anda konfigurasi pada menu drop-down setting for desktop. Anda bisa memilih salah satu desktop atau all desktops dan perubahan yang Anda buat akan diaplikasikan untuk seluruh desktop. Layer preview background untuk menampilkan preview dari tiap perubahan yang Anda lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar