Rabu, 10 Februari 2010

MELAKUKAN PENGATURAN DESKTOP

Untuk melakukan pengaturan desktop dijalankan anda bisa menggunakan opsi-opsi yang terdapat pada kelompok DESKTOP.


Mengatur Jalannya Desktop

Untuk mengatur bagaimana desktop dijalankan anda bisa menggunakan Behavior yang terdapat pada kelompok Desktop.

Pada tab General Anda bisa melihat beberapa opsi :

 Show Icons on Desktop. Jika opsi ini dipilih, Anda diijinkan menempatkan icons pada desktop. Jangan dipilih jika anda tidak ingin icons-icons tampil pada desktop anda. Tanpa icons desktop akan lebih cepat, tapi anda tidak akan bisa lagi melakukan drag file pada desktop. Hal ini tidak akan menghilangkan file yang tersimpan pada desktop, mereka akan disembunyikan.
 Allow program in desktop windows. memilih opsi ini memungkinkan anda menentukan suatu program sebagai background desktop anda, missal xearth atau Kworldclock.
 Show tool tips. Jika opsi ini dipilih, setiap kali pointer mouse berhenti sesaat disuatu elemen desktop maka akan ditampilkan informasi singkat berkaitan dengan elemen tersebut.

Pada bagian Menu bar at Top of Screen anda bisa menentukan jenis menu bar yang akan ditempatkan di sisi atas desktop KDE.

Bagian Mouse Button Actions memungkinkan anda mengatur apa yang akan terjadi saat anda klik satu dari tiga tombol mouse pada area desktop yang kosong (tidak terdapat jendela aplikasi).anda bisa memilih dengan menekan tombol dropdown yang tersedia.

Untuk tiap-tiap tombol anda bisa memilih :

 No Action. Saat anda menggunakan tombol mouse tersebut , tidak akan ada sesuatu yang terjadi.
 Windows List Menu. Memunculkan menu dengan semua desktop virtual. Pada setiap desktop virtual anda bisa memilih jendela aplikasi yang terdapat pada semua desktop. Jika suatu jendela dipilih, KDE akan berpindah ke desktop bersangkutan, dan menempatkan focus pada jendela aplikasi tersebut.
 Desktop Menu. Memunculkan menu dengan perintah-perintah khusus KDE. Isi dari menu tergantung pada status KDE saat itu.
 Applicationn Menu. Ini akan memunculkan menu aplikasi (juga dikenal dengan K Mmenu), jadi anda bisa memulai suatu aplikasi baru.
Anda juga bisa memunculkan menu anda sendiri menu anda sendiri dengan klik tombol Edit disebelahnya untuk melakukan konfigurasi menu Anda.

Pada tab File Icons, Anda bisa menentukan tipe file yang akan ditampilkan. Preview-nya oleh desktop KDE, termasuk file-0file HTML, gambar, postscript dan PDF, suara, web archives. Jika anda mengaktifkan preview untuk suatu jenis file, file tidak akan diwakili icon standard pada desktop tapi akan ditampilkan miniatur tampilannya. Pada computer yang lamban hal ini membutuhkan cukup banyak waktu untuk menampilkannya, jadi anda mingkin tidak perlu mengaktifkan fitur ini.

Pada tab Device anda dapaty memilih jenis peralatan apa yang ingin anda tampilkan sebagai icon pada desktop. KDE dapat menamoilkan icon untuk tiap peralatan anda yang bisa di-mount. Peralatan tersebut bisa berupa drive CD-ROM, drive floppy disk, atau peralatan yang digunakan bersama dalam suatu jaringan.


Mengatur Desktop-desktop Virtual


KDE memungkinkan anda untuk memiliki beberapa desktop virtual. Untuk mengatur desktop-desktop virtual yang anda punyai anda bisa menggunakan Multiple Desktop dari kelompok Desktop.

Pada dialog Multiple Desktop anda bisa mengatur jumlah desktop dan namanya. Gunakan tombol slider pada bagian Number of Desktop untuk mengatur jumlah desktop. Anda bisa memberi nama tiap desktop dengan mengetiknya pada kotak tesk tersedia pada Desktop Names.

Mengatur Panel

Untuk mengatur panel yang terdapat pada desktop anda bisa menggunakan Panels dari kelompok Desktop.

Pada tab Arrangement anda bisa mengubah ukuran dan posisi panel. Berikut adalah bagian-bagian pada tab ini :
 Position. Bagian ini terdiri dari 12 tombol kecil yang diatur persegi. Tiap tombol mewakili posisi atau lokasi panel. Klik pada tombol dimana anda ingin panel ditempatkan dan lihat preview pilihan anda pada bagian screen disebelah kanan.
 Length,pada bagian ini anda bisa menggunakan spinbox dan slider untuk mengatur ukuran lebar panel. Jika anda memilih Expand as required to fit contents, panel akan menjadi lebih panjang jika lebih banyak ruang yang digunakan dan jika sedikit , panel akan turun ke ukuran paling minimum. Jika tidak dipilih panel disesuakan dengan ukuran yang diatur pada bagian ini.
 Size, bagian ini digunakan untuk mengatur ukuran panel. Pilihannya adalah Tiny, Small, Medium, Large atau Custom. Pada mode Custom anda bisa mengubah ukuran kicker dengan slider atau spinbox.

Tab Hidding menyediakan opsi-opsi yang berkaitan dengan bagaimana panel disembunyikan.

Bagian Hide Mode mempunyai tiga mode :

 Only hide when a panel – hiding button is clicketd. Jika opsi ini dipilih, panel akan tetap di tampilkan pada lokasi yang anda definfsi sampai Anda klik tombol hide ( tombol dengan tanda panah di ujung panel ). Klik sekali, panel akan panel akan disembunyikan. Jika tombol di klik lagi, panel akan ditampilkan pada lokasi yang sama.
 Hide automatically. Jika opsi ini dipilih, panel akan secara otomatis menghilang setelah pointer mouse meninggalkan panel sesuai waktu yang diatur pada combo box pada opsi tersebut. Untuk membuat panel tapil kembali, cukup gerakkan pointer mouse ke sisi layar di mana panel ditempatkan, dan panel akan segera ditampilkan. Jika Anda cek Show panel when switching desktops, panel akan sercara otomatis ditampilkan saat Anda berpindah destop. Panel akan menghilang lagi setelah beberapa detik.
 Allow other windows to cover panel. Setelah opsi ini dipilih panel akan selalu tampil pada destop meskipun jendela aplikasi berada di atas panel, gerakkan kursor mouse ke lokasi layer yang ditentukan pada kotak Raise when the pointer touches the screen’s:Anda bisa mengubah nilaidengan memilih satu dari pilihan y ang tersedia pada kotak dropdown tersebut. Setiap kali panel kembali ke atas jendela aplikasi, panel akan tetap di sana sampai jendela aplikasi diaktifkan lagi.
Pada bagian Panel-Hidding Buttons Anda bisa menetukan arah penyembunyian panel, ke kiri atau ke kanan.

Pada bagian Panel animation Anda bisa mengatur seberapa cepat panel ditampilkan dan di sembunyikan dengan mengatur slider dari Fast ke Slow.

Pada tab Menus Anda bisa mengatur bagaimana menu panel dijalankan .

Bagian K Menu menyediakan beberapa opsi yang bisa digunakan untuk mengkonfigurasi fungsi- fungsi K Menu ( menu utama ). Bagian ini berisi 4 item:

 Menu item format :Menentukan bagaimana nama aplikasi dan deskripsinya ditampilkan pada K menu.
 Optional Sub Menus. Daftar memungkinkan anda manentukan item manu khusus mana yang akan di tampilkan pada K menu. Pilihannya adalah Bookmars, Preferences, Print system, Quick Browser ,Recent Document dan Terminal Sessions.
 Show slide image akan menambah gambar kecil di sebelah tiap entry K menu untuk mempercepat indenfikasi suatu aplikasi.
 Tombol Edit K menu.tombol ini untuk memanggil KDE Menu Editor.

Pada Quick Browser Menus Anda bisa mengatur apakah menu menu browser pada panel akan menampilkan file - file Hidden atau tidak.

Bagian quick start pada K menu menyediakan akses cepat ke program –program yang sering Anda gunakan atau yang paling akhir Anda gunakan. Pada Quick Start Menu Item Anda bisa memilih:

 Show the applications most recently used. Jika Anda ingin menampilkan program-program paling sering digunakan pada bagian start.
 Show the applications most frequejika. Jika Anda ingin menampilkan program – program paling sering digunakan pada bagian quick start.
Anda bisa mengatur beberapa banyak program yang akbagian quick start pada kotak Maximum number of entries.

Untuk mengatur hal – hal lain yang berkaitan dengan panel seperti background tombol, background panel , atau menampilkan tool tips gunakan tab Appearance.

Mengatur Taskbar


Taskbar adalah cara tercepat untuk berpindah diantara aplikasi –aplikasi. Taskbar dapat di letakkan pada panel , atau di luar panel pada destop. Untuk mengatur taskbar gunakan Taskbar dari kelompok Destop.


Pada bagian Taskbar modul ini memiliki opsi –opsi yang berkaitan dengan pengoprasian taskbar:

 Show windows from all destops, menentukan apakah semua jendela yang terbuka terdapat pada taskbar atau tidak. Secara default, taskbar hanya menampilkan jendela yanhg terbuka pada desktop yang bersangkutan. Jika opsi ini di aktifkan ,taskbar akan menampilkan seluruh jendela yang terbuka pada semua desktop.
 Show windows list button, Anda bisa mengaktifkan tombol kecil ditampilkan pada taskbar. Tombol ini akan terbuka menu yang menyediakan akses ke aplikasi –aplikasi pada desktop yang lain.
 Short tasks by virtual desktop. Mengurutkan entry jendela padqa taskbar berdasarkan urutan desktop virtualnya.
 Show application icons. Menampilkan icon – icon aplikasi pada taskbar.
 Show only iconified windows. pada opsi ini, saat Anda meminimize suatu jendela , dan saat Anda membuka lagi maka entry tersebut akan hilang pada taskbar.
 Group similar tasks, jendela akan di kelompokkan beredasarkan aplikasi sejenis pada saat yang bisa Anda atur pada kotak dropdown.

Bagian Action memungkinkan Anda mengatur aksi – aksi yang di tampilkan saat klik tombol mouse yang berada pada taskbar. Pilih opsi yang tersedia dengan klik pada kotak dropdown. Opsi yang tersedia adalah :

 Show Task List. Menampilkan daftar jendela ( task ) yang di kelompokkan pada ikon yang Anda klik. Jika hanya ada satu task atau jendela maka melakukan klik pada ikon yang mengaktifkannya.
 Cycle Trough Windows. jika terdapat lebih dari satu task yang dikelompokkan pada suatu ikon, maka akan berpindah dari satu task ke task berikutnya sampai Anda melepaskan tombol. Jika hanya ada satu task aatau jendela untuk ikon tersebut , ini akan mengaktikan jendela tersebut.
 Show Operate Menu. M enampilkan menu operasi untuk suatu aplikasi. Ini memungkinkan Anda untuk melakukan minimize. Maximize . dan seterusnya , memindah jendela diantara desktop, dan menutup jendela. Aksi default untuk tombol kanan mouse.
 Activate ,Raise ,or Minimize Task. Berputar diantara mengaktifkan ,mengangkat ,dan minimize jendela yang terpilih. Aksi default untuk tombol tengah mouse jika pengelompokanb jendela tidak diaktifkan.
 Reise Task , Lower Task , Minimise Task. Tiga opsi ini berlaku hanya jika jendela tidak dikelompokkan. Raise berarti mengaktifkan. Dan menjadi focus, Lover berarti mengirim ke belakang, dan mengalihkan focus ke jendela yang ada di atasnya.

Mengatur jalannya jendela aplikasi

Untuk mengatur bagaimana jendela aplikasi dioperasikan Anda bisa gunakan window behavior dari kelompok desktop.

Pada tab focus Anda bisa mengatur bagainama jendela menjadi focus dan sebaliknya (menjadi aktif dan tidak aktif). Fokus dari desktop menunjukan pada jendela yang sedang digunakan pengguna untuk berkerja. Jendela dengan focus sering disebut sebagai jendela aktif. Fokus tidak selalu berarti jendela yang berada didepan .

Bagian focus pada tab ini menyediakan beberapa opsi. Opsi Policy menyediakan empat metode KDE yang dapat digunakan untuk menentukan focus:

 Click to Focus. Dengan opsi ini, klik pada jendela untuk membuat jendela aktif.
 Focus Follows Mouse. Untuk mengubah focus jendela, tempatkan pointer mouse di atas jendela. Jika pointer mouse digerakkan ke daerah desktop yang tak ada jendelanya, jendela terakhir tetap menjadi focus.
 Focus Under Mouse. Jendela di bawah mouse, menjadi focus. Jika pointer mouse adadi daerah desktop yang tak ada jendelanya, tidak ada jendela yang diaktifkan.
 Focus Strictly Under Mouse. Mirip Focus Under Mouse, tapi lebih teliti.

Dengan memberi tanda pada opsi Auto raise, KDE dapat membawa jendela ke muka jika mouse berada di atas jendela tersebut untuk waktu tertentu yang bisa anda atur pada Delay. Ini berguna saat anda pilih opsi Focus Follows Mouse. Settingdeply terlalu singkat akan menyebabkan perubahan jendela yang cepat, yang bisa jadi cukup mengganggu. Kebanyakan orang akan menyukai delay 100 – 300 ms. Jika Anda tidak menggunakan Auto Raise,pastikan opsi Click Raise ditandai.

Pada bagian Navigation Anda bisa melakukan konfigurasi cara berpindah diantara aplikasi atau desktop menggunakan Alt+Tab atau Ctrl+Tab. berpindah diantara aplikasi menggunakan Alt+Tab (menahan tombol Alt sambil menekan kunci Tab) , dapat di gunakan pada mode KDE atau CDE. Pada mode KDE Anda akan melihat kotak ditengah layer memperlihatkan pada anda aplikasi terpilih saat anda masih menekan tobol Alt. pada mode CDE Anda tidak dapat menampilkan visual.

Dengan mengaktiftkan Travese windows on all desktop ,berpindah jendela dengan Alt +Tab akan menampilkan seluruh jendela pada semua desktop dan membawa Anda ke desktop yang bersangkutan dengan jendela yang Anda pilih. Bila tidak dipilih hanya hanya jendela pada desktop yang bersangkutan yang bisa di pilih dengan Alt + Tab untuk berpindah ke desktop yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar